in Beauty, Make Up

Intip Rekomendasi 3 Set Kuas Makeup Halal dan Murah!

at
kuas-makeup-halal-dan-murah

Pertama kali saya kenal kuas makeup adalah ketika saya, dulu, secara badung memutuskan untuk nge-cosplay.

Jangan nge-judge dulu, saya emang berhijab tapi sempat ngalamin masa-masa nakal saat pengin nyoba pakai wig dan dandan secara aneh, hahaha.

Sebetulnya di  Halloween dan Japanese look di makeup collab bersama member Beautiesquad (psst, yang pengin gabung komunitas ini, hayuk, masih buka!) saya baik ngebadung lagi, soalnya lihat wig pirang nganggur bawaannya pengen pakai lagi :p.  Mengesampingkan kenakalan itu sendiri, saya mulai “berinvestasi” membeli kuas makeup.

Pertama kali beli kuas makeup, saya membeli brand Oriflame. Kalau tidak salah, satu set itu harganya hanya Rp 100.000; terbuat dari bulu kambing.  Ada 4 kuas yang saya dapatkan.  Awal pakai sih nggak ada masalah, tapi ketika dicuci kok kayaknya makin kasar, ya?  Berhubung terbuat dari bulu hewan, sebetulnya saya nggak begitu nyaman saat memakainya karena seperti sedang memakai ijuk di wajah, haha.

Set kuas kedua yang saya beli adalah brand Tammia. Itu lho, kuas makeup travel set yang dijual di Yogya/Griya (saya nggak tahu masih ada atau nggak).  Sebetulnya kuasnya lumayan halus, tapi kurang greget karena nggak begitu pas nampol di kulit.  Ketiga, beli yang brand MAC abal-abal di Mahmud 😀 ; meski halus tapi ketika dipakaikan ke wajah tetap tidak greget.

Itulah awal mula kenapa saya memutuskan “berinvestasi” membeli kuas yang agak bagusan dikit, hehe.

 

3 Set Andalan Kuas Makeup Halal dan Murah 

Sejak mengenal cruelty free, saya memutuskan untuk tidak lagi pakai kuas abal-abal.  Sebaiknya cari brand yang memang mengusung konsep vegan, dalam arti kuas tersebut sama sekali tidak mengandung unsur bulu hewan.

Saya pernah baca-baca, katanya dalam beberapa jenis kepadatan produk makeup, kuas berbahan bulu hewan lebih baik dibanding kuas sintetis; tapi memang ketika dicuci, kuas sintetis itu bentuknya akan tetap bertahan seperti sebelumnya, sementara kuas berbulu hewan jadi rawig-rawig (apa sih istilah bahasa Indonesia-nya, susah kadang nyari persamaannya dengan kata bahasa Sunda).

Tapi, berhubung saya jadi aliran garis cukup keras soal cruelty free, saya memilih untuk membeli produk yang sekalian sintetis juga vegan.  Salah satunya adalah Ecotools.

Ecotools 5 Set Makeup Brush

Saya sebetulnya nggak begitu ahli membedakan masing-masing fungsi, untungnya sih di bagian belakang produk, nama jenis kuasnya tertera.  Jadi lebih mudah buat pemula. Oya, sebetulnya selain buat blush (kuas pertama), saya suka pakai buat powder brush.

Jadi, sebetulnya kalau saya nggak ikut makeup collab, pakai ini juga sudah cukup.  Waktu saya wisuda S1 bertahun-tahun lalu (ketahuan tuanya :’D), saya pakai Ecotools ini untuk dandan sendiri.  Masih nggak jago, tapi lumayanlah, hehe. Oya, ini saya beli seharga Rp 120.000 (tahun 2013).  Masih terjangkau untuk kantong mahasiswa.

Tapi yang namanya cewek, melihat kuas lucu dikit aja #eh, bawaannya pengin beli. Kalau saya sih, karena emang pengin ningkatin skill (iya, ini pembenaran yang memang benar kok), saya akhirnya membeli set khusus Real Techniques untuk makeup mata.  Saya soalnya nggak punya yang khusus untuk mata.

 

Real Techniques Starter Set 5 Pcs Makeup Brush

 

Ini saya beli seharga Rp 250.000, didiskon 45% oleh Sociolla (tahun 2017).  Mumpung masih ada diskonnya, sekalian aja belanja keperluan makeup-nya.  Nggak perlu khawatir, kamu bisa pakai voucher Sociolla saya (lirik sidebar sebelah) SBNLAJGN, kamu bakal dapat potongan Rp 50.000 setiap belanja dengan nominal mulai dari Rp 250.000!

Real Techniques abal-abal itu harganya lebih murah, dan buat yang awam dan pemula agak sulit membedakan mana asli dan palsu. Kata teman, biasanya dari gaya potongan brush juga bakal beda, apalagi kalau misal ternyata itu keluaran versi tahun ini.  Kuas ini  oke, halus, dan setidaknya bisa dipakai untuk makeup mata dengan sangat baik.

 

Beauty Creations Royal Rose Brush Set 

Kalau yang ini, harganya agak lumayan, tapi untuk ukuran 12 jenis kuas makeup, ini masih terjangkau.  Yang terpenting, halal!  Yap, karena selain Ecotools dan Real Techniques, Beauty Creations termasuk brand yang mengusung cruelty free.

Kalau saya bandingkan dengan Ecotools, sebetulnya sifat kuas dari Beauty Creations termasuk yang sangat halus.  Ecotools aja udah halus, ini halus banget! Yap, karena kuas ini sintetis. Sampai jadi agak ragu sendiri, ini beneran bagus nggak, sih, haha.  Pertama kali lihat ini di toko online Makeuppucino.  Saya ngincer karena terkadang, saya butuh buat dandan ke kondangan, atau buat makeup collab yang tekniknya memang membutuhkan kuas tertentu untuk dipakai.

Yap, sekali lagi pembenaran yang memang benar.

Berbeda dengan Ecotools yang memiliki nama jenis produk tertera di tangkai kuas, sayangnya Beauty Creations tidak mencantumkan.  Jadi sebagai yang pemula dalam makeup, saya akhirnya Googling.  Kalau salah tolong dibenarkan, ya, hehe.

Ini sebetulnya blush brush, tapi saya pakai juga buat powder brush.  Sifat brush: oke, ini enak dipakai dan cukup nampol.

Sekarang saya lagi sering banget pakai ini karena lagi suka sama foundation dari Catrice Cosmetics.  Makanya agak kotor, haha. Nge-blend dengan baik!

Saya belum pernah pakai yang ini, tapi sepertinya serupa dengan yang di bawah ini:

Buat shading countour lebih pas pakai ini, karena pipi saya rada gemuk, haha.  Di Birthday Makeup Look Collab with Beautiesquad kemarin, saya pakai ini dan suka banget sama kinerjanya (dikira SDM?).

Untuk highlight di makeup collab yang birthday juga saya pakai ini untuk area dahi dan bawah mata, bagus juga, loh!

Sempat nyangka kalau ini itu buat foundation juga, eh pas dicek lagi foundation brush itu lebih flat.  Loh, jadi selama ini salah pakai kuas foundation ~XD. Yowislah.  Ini bisa buat highlighter juga, untuk sudut-sudut tertentu yang membutuhkan teknik.

Belum pernah pakai, jadi nggak tahu bagus apa nggak.

Concealer punya saya bentuknya krim padat, jadi sebelumnya harus nyolek dulu pakai tangan sebelum di-blend pakai ini.  Agak susah ngambil produk berbahan krim padat dengan ini.

Ini saya pakai berbarengan dengan concealer, juga bisa dipakai juga untuk memperkuat bentuk alis mata dengan membubuhkan sedikit highlighter di bawah tulang alisnya.

Sejauh ini baru pakai yang  tapi bagus juga  performanya!

Belum pernah pakai, karena sampai sekarang masih nggak jago ngalis, haha.

Nah, ini berapaan sih harganya?  Kalau lihat di website Makeuppucino, 12 set itu harganya Rp 285.000 (tahun 2017).  Hmm, termasuk lumayan terjangkau kok, kalau memang ingin punya kuas semi lengkap untuk berbagai jenis acara.

Nah, ini dia tiga rekomendasi kuas makeup yang halal namun murah ala saya.  Yuk cek juga postingan Ainun Melia soal rekomendasi kuas makeup murah lainnya!

Postingan ini dibuat dalam rangka collablogging dengan Komunitas Beauty Blogger & Vlogger   November 2017

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    10 Comments

    1. Virly Ka

      Kuas Beauty creation itu kok menggoda yaa

      01 . Dec . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Iya kaan, warnanya lucu makanya beli #eh, hahaha

        01 . Dec . 2017
    2. Noviayana

      Ku baru ngeh de setelah baca blog mu si Tampered Blush itu kegunaannya. Aku punya model brush itu beluman ngerti dipake buat apaan …hahaha

      01 . Dec . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Samaa, dulu juga kan salah gitu ngira fungsinya, malah sempet dipake buat foundation dong haha

        02 . Dec . 2017
    3. dilla

      koleksi kuasnya pro banget kak~
      dari jaman mulai blogging ampe sekarang nggak kebeli beli brush ecotools karena banyak godaan

      shopforcheapo.com

      02 . Dec . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Dulu berhasil nemu toko murah sih secara onlen, aslinya sih harganya Rp 150.000 pas jaman itu wkwk

        02 . Dec . 2017
    4. sari widiarti

      Kok jadi pengen yang royal, kuasnya rapat gitu (((bulu-bulu))). Nggak cepet rontok kan ya kuasnya

      02 . Dec . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Nggak kok, ini pernah aku cuci bulunya masih rapat dan bagus

        02 . Dec . 2017
    5. Melissa Olivia

      Wahh kuas yang beauty creation racun banget… Jadi mupeng tapi mesti tahan napsu belanja hahaha…

      http://www.melsplayroom.com

      02 . Dec . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Iyaaa lutju siih haha

        03 . Dec . 2017

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *