August 24, 2017 Azzahra R Kamila 0Comment

Berada di kaki Gunung Gede dan Pangrango, membuat Sukabumi memiliki udara yang sejuk dan bersih. Selain memiliki wisata alam yang memukau, kondisi geografis Sukabumi ini juga membuat sektor pertanian dan peternakannya berkembang dengan baik. Inilah yang membuat pemerintah setempat menggabungkan sisi pariwisata dengan aspek pertanian dan berhasil mengemasnya menjadi wisata edukasi.

Jika kamu berniat menikmati alam Sukabumi yang asri, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat-tempat berikut ini.  Kamu bisa membawa serta putra atau putri, atau sekedar mengajak bermain keponakanmu yang masih kecil.  Nggak cuma anak kecil saja yang menikmati, orang dewasa juga, lho!

Kawasan Agroeduwisata Cikundul (KAC)

Terletak di Jalan Kapitan, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Sukabumi, kawasan ini menggabungkan wisata dengan edukasi di bidang pertanian. Awalnya, tempat ini merupakan pusat pengembangan hortikultura serta laboratorium kultur jaringan. Kini, kawasan ini tiap harinya banyak dikunjungi wisatawan yang ingin melihat langsung bagaimana tanaman sayuran, buah-buahan, tanaman obat, dan tanaman hias dibudidayakan. Pengunjung juga diperbolehkan memetik langsung hasil panen, seperti melon atau jenis sayuran lainnya.

Hasmilk

Hawa dingin Sukabumi sangat cocok dimanfaatkan untuk peternakan sapi. Jadi, jangan heran jika peternakan sapi perah di Sukabumi berkembang cukup pesat. Hasmilk contohnya, kawasan yang dulunya merupakan Koperasi Peternak Sapi Perah Gunung Gede Sukabumi ini kini dikembangkan menjadi wisata edukasi. Lokasinya terletak di Jalan Raya Cimangkok No. 7, Sukabumi. Di sini, selain bisa melihat langsung bagaimana sapi perah dipelihara, pengunjung khususnya anak-anak juga diperbolehkan memberi makan hingga diajari bagaimana caranya memerah. Hanya  dengan Rp40.000, pengunjung bisa masuk ke kawasan ini dan mendapatkan satu liter susu, sekantong permen karamel, dan sebotol yoghurt. Asyik kan?

Taman Nasional Gunung Halimun

via pikiranrakyat.com

Berpetualang di Taman Nasional Gunung Halimun Salak memiliki sensasi tersendiri, khususnya bagi anak-anak yang beranjak remaja. Selain anak atau keponakan akan mengenal kekayaan flora dan fauna, medan perjalanannya pun cukup menantang. Flora yang biasa ditemui di kawasan ini antara lain berbagai jenis pakis, palem, dan pohon damar. Selain itu, ada pula jenis jamur yang bisa bersinar dalam kegelapan malam. Sementara itu, fauna yang bisa kita lihat adalah kera ekor panjang, elang jawa, bahkan jika beruntung bisa melihat macan tutul jawa yang sudah langka.

Batu Tapak Camping

Batu Tapak adalah kawasan bumi perkemahan yang terletak di Cidahu, Sukabumi. Jika kamu ingin mengenalkan anak atau keponakan pada alam dengan cara yang menyenangkan, ajaklah berkemah di Batu Tapak. Selain bisa merasakan sejuknya udara pegunungan, pemandangan langit malam beserta bintang-bintangnya juga tak akan terlupakan.

Di tempat ini disediakan tenda untuk disewa. Kamu pun tidak perlu repot-repot membawa tenda maupun perlengkapan kamping yang berat. Selain berkemah, kamu juga bisa mengajak anak-anak untuk menikmati sunrise di balik Gunung Gede, melintasi medan menuju air terjun yang diakhiri dengan berenang di sana. Menyenangkan, bukan?

Berwisata bersama anak-anak tentunya membutuhkan persiapan yang matang karena anak-anak cenderung mudah lelah. Salah satu persiapan yang bisa dilakukan adalah memesan hotel lebih awal, alih-alih mencari penginapan ke sana kemari begitu tiba di tempat tujuan.

Adapun mencari hotel murah di Sukabumi sekarang lebih mudah. Airy Rooms yang memiliki jaringan hotel dan guest house dengan properti terbanyak di Indonesia, adalah salah satu solusi khusus untuk kamu yang menginginkan kenyamanan meski berlabel hotel murah.

via blog.airyrooms.com

Kenyamanan Airy Rooms dibuktikan dengan kamar bersih, AC, TV, air minum dan wifi gratis, perlengkapan mandi hingga shower air panas. Pemesanan hotel pun tergolong mudah, cukup lewat web ataupun melalui aplikasi mobile di ponsel Android dan iOS. Opsi pembayarannya juga cukup sederhana. Bisa melalui transfer, kartu kredit, atau pembayaran di gerai Indomaret!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *