in Beauty, Body Care

[REVIEW] Heaven Spring Shampoo, Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Bandel?

at
heaven-spring-shampoo-menghilangkan-ketombe-bandel

Untuk penderita seborrheic dermatitis, bisa dipastikan hampir seperdelapan (?) urusan hidupnya pasti menyangkut satu hal: mencari produk terbaik untuk bisa mengatasi masalah.  Jika ada pernah membaca curhatan saya terkait dengan sampo anti ketombe, maka pembaca pasti tahu kalau saya punya concern dengan cara ngusir ketombe.  Bukan cuma ketombe di kulit kepala, juga termasuk ketombe muka.

Ketombe muka?  Emangnya ada?

Percaya nggak percaya, ketombe muka itu ada. Bentuknya itu seperti kulit bersisik a.k.a flaky skin yang biasanya muncul di sekitar hidung, dahi, dan dagu.  Penderita seborrheic dermatitis juga rentan ketombean kronis, dalam arti akan mengalami masa-masa berketombe di waktu-waktu tertentu.  Terkadang, flaky skin juga bisa muncul di bagian luar telinga.

Sebetulnya seborrheic dermatitis nggak berbahaya, tapi kesel aja sih, bawaannya.  Kalau saya lagi pakai BB cream atau foundation, kelihatan jelas banget ada dry patches di muka yang nggak enak dipandang.  Dan walaupun ketombeannya saya itu nggak bikin kulit kepala gatal, rasanya frustasi setiap kali menggosok rambut, muncul serpihan putih layaknya salju berbentuk gula halus.

Saya sempat mencoba berbagai jenis sampo, mulai dari no poo shampoo sampai yang (katanya sih) alami dari O2Degree. Nihil.  Di tengah keputusasaan ini (lebay sih emang), saya menemukan Heaven Spring Shampoo versi antiketombe di Beautylink Sociolla.

Manjur nggak sih, buat ngilangin ketombe sampai tuntas?

Heaven Spring Shampoo Anti Dandruff

Sampo yang diklaim bisa menghilangkan ketombe ini dibuat oleh beberapa mahasiswa S1 Jurusan Bisnis Universitas Prasetiya Mulya.  Selain antidandruff, mereka juga memproduksi”volumizing shampoo.” Awalnya saya sempat skeptis, apakah benar sampo ini bisa ngilangin ketombe?  Karena dari embel-embel “sampo alami” yang sudah dicoba, belum ada sampai sekarang sampo yang benar-benar cocok dengan kondisi kulit kepala.

Ketika paket datang, saya suka dengan kemasannya yang cukup rapi.  Botol ini dibungkus rapi, menggunakan kantong khusus, dan terdapat kertas petunjuk pemakaian di dalamnya. Dengan isi 220 ml menurut saya cukup banget untuk saya pakai dalam waktu lama sekitar 3-4 bulan.  Sejak beli pada Juni 2017, sampo ini masih saya pakai sampai sekarang.

Penutupnya ini berbentuk press bottle cap, jadi nggak usah khawatir isinya tumpah jika membawanya dalam perjalanan.  Meski secara tampilan luar oke dan stiker yang dipakai cukup kuat sehingga tidak mudah rusak, jeleknya botol ini cukup keras sehingga susah banget di-squeeze supaya produknya keluar.

Ingredients

Aqua Oncamidopropyl Betaine, Disodium Cocoamphodiactate, Acrytes/Steareth-20 Methacrylate Copolymer, Sodium Lauroyl Sarcosinate, Zinc Pyrithione, Parfum, Aloe Barbadensis Extract, Cocamide DEA, Dmdm Hydantoin, Panthenol, Silicone Quaternium Hydroxypropyltrimonium Chloride, Menthol, Undeceth-11, Butyloclanol, Undeceth-5, Disodium Edta, Iodopropynyl Butycarbomate, Phenoxyethanol, CI 19140, CI 42090.

What You Should Know About The Ingredients

Diklaim bebas SLS (sodium lauryl sulfate) dan paraben (yang merupakan musuh penderita seborrheic dermatitis dan yang berketombe [1]), apakah sampo ini memang memiliki bahan yang sesuai untuk yang ingin mengatasi ketombe?

a. Aqua Oncamidopropyl Betaine, merupakan bahan yang digunakan untuk perawatan eczema, psoriasis, contact dermatitis, dan lain-lain

b. Disodium Cocoamphodiactate, surfaktan yang berasal dari coconut oil untuk membersihkan rambut

c. Acrytes/Steareth-20 Methacrylate Copolymer, copolymer yang berfungsi sebagai thickening agent untuk memberikan tekstur creamy pada sampo

d. Sodium Lauroyl Sarcosinate, memiliki inisial SLS namun berbeda dari sodium lauryl sulfate. Surfaktan ini tidak berbahaya.  Mempunyai fungsi membersihkan dan penghasil busa

e. Zinc Pyrithione, bahan aktif yang bisa mencegah seborrheic dermatitis

f. Aloe Barbadensis Extract, substansi gel yang berasal dari tanaman lidah buaya, dapat meredakan gatal dan mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe

g. Dmdm Hydantoin, antimikroba yang bisa membunuh mikroorganisme

h. Panthenol, humektan untuk mencegah dehidrasi dan melembapkan rambut

i. Phenoxyethanol, alternatif paraben yang merupakan penstabil dalam kosmetik dan produk rambut

Kesimpulan: Berdasarkan analisis bahan, maka sampo ini bisa memiliki bahan-bahan yang bisa mengurangi ketombe. 

How To Use

Usapkan sampo pada kulit kepala dan rambut yang sudah dibasahi dengan air hangat.  Pijat pelan menyeluruh.  Biarkan hingga sekitar 3 menit.  Kemudian bilas dengan air dingin.

What This Product Tell Us

Berbeda dengan sampo-sampo alami yang pernah saya pakai sebelumnya, sampo ini menghasilkan busa jauh lebih banyak. Namun, mungkin karena berbeda jenis SLS, maka busa yang dihasilkan memang tidak akan sebanyak sampo komersil.  Buat saya sih cukup, yang penting sampo itu memang bisa membersihkan dengan baik.  Contoh saat saya mencoba squeeze produk di atas kain bisa dilihat di atas.

Setelah menggunakan sampo ini selama sekitar 3 minggu, akhirnya efeknya terlihat!  Memang nggak sebersih yang saya inginkan, tapi berkurang banget.  Saat saya secara iseng menggosok rambut, sepihan salju seperti gula halus itu berkurang hingga hanya tersisa 10% saja.

Untuk membantu agar ketombenya benar-benar hilang, saya membuat racikan   khusus  mengatasi ketombe yang diramu dari carrier oil dan essential oil.  

Saya memakai Indoganic Jojoba Oil yang juga dipadukan dengan peppermint essential oil untuk scalp mask.  Vitamin E oil yang cukup kental dipadukan dengan jojoba oil untuk menjadi hair mask.

Natural Scalp Mask (for oily/itchy scalp)

Bahan-bahan:

a. 2 sdm jojoba oil 

b. 3-4 tetes peppermint essential oil 

Campurkan, kemudian oles dan pijitkan ke kulit kepala.  Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.  Bersihkan dengan sampo, bilas lagi dengan air dingin.

Natural Hair Mask (for dry hair)

Bahan-bahan:

a. 2-3 sdm jojoba oil (untuk rambut pendek)

b. 3-4 tetes vitamin E oil 

Campurkan, kemudian oleskan secara merata ke rambut.  Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.  Bersihkan dengan sampo, bilas lagi dengan air dingin.

Setelah menggunakan scalp mask selama 2 minggu, hasilnya terlihat.  Ketombe saya hilang!  Sayangnya, sampo ini kurang bersahabat dengan rambut kering, sehingga tetap membutuhkan hair mask agar hasil akhirnya terasa lebih halus. Namun, disarankan bagi pemilik rambut kering untuk tidak sering-sering keramas dengan sampo ini, cukup 3 kali dalam seminggu.

Price

Kamu bisa membeli Heaven Spring Shampoo dengan harga Rp 50.000, di Beautylink Sociolla. Jika tertarik dengan carrier oil, kamu juga bisa belanja di sini, lho.  Asyiknya belanja di Sociolla, kamu bakal dapat free ongkir!

Will I Repurchase?

Udah pasti, dong!  Sampo ini sudah menjadi holy grail saya <3

Rating

4/5

Share:

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    8 Comments

    1. May Lily

      Wah meskipun ada embel embel natural dia harganya masih masuk akal ya… jadi pengen coba deh

      08 . Sep . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Masih masuk akal. Kalo nggak ketombean bisa nyoba yang volumizing, bagus buat rambut tipis 🙂

        08 . Sep . 2017
    2. Turis Cantik

      Saya paling suka dengan produk kandungan alami kyk gini deh. Baru tahu loh aku shampo ini mbak. Thanks for sharing

      08 . Sep . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Sama sama 🙂

        08 . Sep . 2017
    3. Anggi Putri

      aku juga pengen ngatasi ketombe sampe akarnya, hehe… worth it nih kayaknya harga juga gak mahal

      anggiputri.com

      09 . Sep . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Lumayan sih :D, kalo aku bandingin sama sampo komersial yang janjinya nuntasin eh malah sama aja, hehe :p

        15 . Sep . 2017
    4. dilla

      hmm menarik banget nih shamponya. next purchase mau coba ah.. sayang kemarin banget baru beli the body shop tea tree shampo..

      aku bukan ketombean sih tapi sering gatal di kulit kepala dan jarang cocok sama shampo di supermarket, kemarin coba sebamed damage hair shampo & everyday shampo, dan erhair anti dandruff, lumayan enakan kulit kepalanya 🙂 tapi nggak natural hehe.

      oh iya aku juga pernah coba the body shop rainforest moisture shampo.. enak juga sih cuma seingatku nggak seenak sebamed dan erhair. the body shop rainforest series ini sls & silicone free juga

      12 . Nov . 2017
    5. Jijun

      Haloo kak thanks for sharing, aku cobain deh barangkali ngefek ke rambutku yg jga ketonbean plus rambut rontok huhuhuh

      20 . Nov . 2017

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *