Beauty, Make Up

Freckles Make Up : Beautiesquad June Make Up Challenge

byAzzahra R Kamila-
freckles-makeup-beautiesquad-challenge

Freckles make up challenge, buat saya termasuk tantangan yang gampang gampang susah.  Gampang karena saya cuma tinggal pakai eyeliner warna coklat untuk membuat bintik-bintik wajah, sulit ketika membuatnya jadi alami tapi kelihatan kayak punya bintik bintik wajah, haha. I don’t really have any freckles but I do have several spots of sun spots. Sebelas dua belas lah, ya, lol.

Freckles Make Up : Beautiesquad June Make Up Challenge

freckles make up

Sebetulnya bedanya freckles sama hiperpigmentasi apa, sih?

Ternyata oh ternyata, hiperpigmentasi itu terbagi ke dalam beberapa jenis.  Sebelum ngejelasin ke arah sana, sebetulnya hiperpigmentasi itu apa, sih?  Hiperpigmentasi adalah kondisi produksi pigmen berlebih terjadi.  Ini termasuk kondisi yang cukup sulit untuk dirawat, karena butuh proses dan kesabaran tingkat tinggi. Nah, ketika ingin menghilangkan hiperpigmentasi, kita harus tahu dulu alasan kenapa hiperpigmentasi itu bisa terjadi.

Ada beberapa jenis, misalkan saja freckles.  Yup, bintik-bintik wajah juga masuk salah satu jenis hiperpigmentasi, lho! Biasanya bintik-bintik ini sudah muncul sejak kanak-kanak. Freckles bisa disebabkan kondisi genetik atau sinar yang mengekspos wajah. Bentuknya berupa bintik-bintik lingkaran sempurna.

freckles make up
via justaboutskin.com

Ada juga sun spots atau dark spot, ini sudah pasti akibat sinar UV dari matahari. Dengan kata lain, dark spot sama dengan photo damage.  Biasanya dark spot tidak muncul dengan sendirinya, tapi karena sudah terpapar sinar matahari bertahun-tahun tanpa memakai pelindung. Ini bisa jadi karena pengaruh sinar UVA. Jika freckles umumnya di wajah, dark spot bisa timbul di mana saja, termasuk tubuh.  Makanya, penting banget memakai sunscreen tiap hari!

Baca Juga:  Ngopi Cantik #3: Beautiesquad 1st Anniversary, Mengenal Seluk Beluknya

Nah, terus bedanya apa dengan age spot?  Dark spot seringkali dianggap age spot karena faktor usia yang bertambah.  Sebetulnya age spot itu muncul ketika bintik terbentk akibat Lipofuscin. Nah, kalau dark spot terbentuk karena produksi melanin berlebih, maka age spot muncul ketika ada sampah metabolisme sel pigmen.  Akumulasi ini yang membentuk Lipofuscin, yang kita sebut sebagai age spot. 

Ada juga PIH atau Post-Inflammatory Hyperpigmentation.  Yang saya punya sekarang nih, sebetulnya lebih ke PIH dan dark spot. Misal bekas jerawat lama, bekas cystic acne, serta alasan-alasan yang membuat kulit bisa trauma.

Stretch mark atau bekas operasi juga masuk ke hiperpigmentasi.  Begitu pula melasma, yaitu proses diskolorasi karena faktor perubahan hormon ketika hamil, meminum pil pengontrol kehamilan, kadar estrogen tinggi, disfungi tiroid, dan stres berat.

Banyak banget, ya, jenis-jenis hiperpigmentasi!

Nah, sebetulnya sih bukannya enggak bisa dihilangkan sih, tapi memang butuh kesabaran ekstra. Di postingan yang akan datang, topik hiperpigmentasi akan saya bahas lebih lanjut lagi!

freckles make up

So, sebetulnya ngapain sih saya main sendirian di tengah bebungaan ini?

Yah, karena freckles identik dengan sinar matahari, dan sinar matahari yang terik identik dengan musim panas, maka saya asyik berfoto di ladang bunga matahari.

Sayangnya, ketika saya pergi ke ladang ini, sebagian besar kelopak bunga matahari sudah berguguran. Alhasil, hanya sedikit area yang bisa saya dan teman pakai untuk berfoto.

Baca Juga:  [REVIEW] Pyunkang Yul Essence Toner, The Korean Herbal Skincare

Biar ala-ala yang Instagrammable sih, ceritanya, lol.

Makeup From Face To Lips

freckles make up

Face

Canmake Smooth Skin Primer Makeup Base

Laneige Layering Cover Cushion (review soon!)

Beauty Creations Irresistible Eye Shadow Palette

Nauli Cosmetics Glow Me Up Setting Spray

Catrice Cosmetics Sun Glow Matte Bronzing Powder – 030 Medium Bronze

Eyes 

Mineral Botanica Eyebrow Pencil (Black)

Sariayu Dynamic Metallic Eyeshadow Palette

Mizzu Eyeshadow Base

Shiseido Full Lash Volume Mascara

Silkygirl Perfect Sharp Eyeliner Pen (Black)

Lips

Beauty Creations Irresistible Eye Shadow Palette

Posy  Beauty Lip Matte  Cream Pride

And done! Produk yang saya pakai enggak terlalu banyak, tahapannya apa lagi.  Inilah make up summer ala saya *maksa banget wkwk.* Saya berterima kasih pada Mia Masitoh  yang sudah bantu saya selama sesi foto kemarin.  So much fun! 

Jangan lupa cek blognya  Dita yuk, dia juga punya style makeup-nya sendiri, loh!

freckles make up

Style makeup temen-temen lain juga nggak kalah cantik!  Bisa dikepoin nih di sini:

freckles make up

freckles make up

freckles make up

Buat kamu yang tertarik buat ikut makeup challenge, yuk gabung di Beautiesquad! Caranya gampang, tinggal follow Instagram, like Facebook page-nya, dan ikut komunitasnya.  Pastikan kamu punya blog ya, karena sementara ini Beautiesquad hanya menerima beauty blogger!

Fanpage: Beautiesquad 

Facebook Group: Beautiesquad

Instagram: Beautiesquad

 

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    1 Comment

    1. Hesti

      Setuju banget buat bkin freckles itu gampang2 susah ya, terkesan cm nambahin bintik2 pdahal buat keliatan ga fake susah uga

      28 . Jun . 2018

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *