August 6, 2017 Azzahra R Kamila 4Comment

Ciyus, Mi, yang bener aja.  Nggak perlu kenalan juga udah kenal lama kali.

Oke, buat pembaca yang merupakan pemilik kulit acne prone, saya mohon ampun, haha. Jujur aja, kalau mau sombong, saya sendiri sebetulnya bukan tipe orang yang jerawatan.  Kalau pun jerawatan, itu juga gara-gara saya kedatangan tamu tiap bulan.

Lah, terus kenapa iseng banget, bikin postingan ini!

Alasannya simpel.  Sejak pakai cara ini, saya jadi jarang didatangi jerawat, bahkan saat ada tamu pun saya nggak jerawatan.  No tipu-tipu, sis, saya siap membagi rahasianya.

Ada 4 bab yang memiliki hubungan erat yaitu actives, purging dan break out,  penjelasan tentang jerawat serta urutan pemakaian skincare yang saya tulis dan bisa diakses di sini:

Bab I: Mengenal pH Kulit, AHA, BHA, dan Vitamin C Secara Jelas

Bab II: Apa Bedanya Purging dan Break Out? Apa Kaitannya dengan AHA, BHA, Vitamin C?

Bab III: Urutan Pemakaian Skincare  untuk Perawatan Wajah yang Tepat 

Bab IV: Kenali Jerawatmu!  Cara Lain untuk Mengobati Jerawat Tanpa AHA BHA (bab yang sedang kamu baca)

 

Oke, saya memang ngaku jarang kedatangan jerawat, tapi jujur aja, awal tahun saya stres banget.  Saya sekarang ngerti isi hati (ceilah) pemilik kulit acne prone.  Saya sendiri memang bukan tipe yang gampang jerawatan, makanya tiap kali ada teman curhat bahwa dia jadi jerawatan gara-gara nggak cocok sama produk tertentu, saya ketawa ala ibu tiri Cinderella dalam hati.

“Hohoho, gue dong, kulitnya bagus bisa pake produk apa aja.  Beruntunglah, diberkatilah gue, hohoho!”

Yeah, kurang lebih begitulah isi hati saya yang lucknut ini, haha. Tapi stres berlebihan ditambah nggak ngatur apa yang saya makan, bikin saya dapat karmanya.  Awal tahun, saya dianugerahi cystic acne berjumlah 4 biji.

Dan tahukah kamu apa yang terjadi setelah itu?

STRES + STRES AKIBAT JERAWATAN = ARRRGH SEBODO AMAT DOMPET GUA KOSONG, MANA SKINCARE AMPUH NYEMBUHIN JERAWAT DALAM WAKTU SEMINGGU NIH???!?!?!?

Yah, saya harap pembaca nggak ada yang selebay saya, ya, haha, karena sejak awal Januari 2017 – pertengahan Juli 2017, yang saya kerjakan di depan laptop adalah berkelana di internet mencari nafkah demi membeli skincare (jangan jangan ada yang nyanyi ini dengan nada nge-rap ala Sun Go Kong?).  Nista banget emang kelakuan saya, bukannya nabung demi masa depan cerah bersama Tuksedo Bertopeng, lol.

Jadi saya tegaskan, saya berempati dengan pemilik kulit acne prone (walaupun kulit saya tidak sesensitif itu). Sesuai kebiasaan saya (yang hobinya research melulu), saya kemudian menemukan blog bernama Simple Skincare Science.

Disadur dari informasi akurat pemilik kulit acne prone yang kini telah sembuh (yang tak pernah saya tahu namanya karena hanya mencantumkan f.c ), saya coba mengubah gaya saya yang hobi pegang-pegang jerawat (lol), jadi agak lebih beradab saat menghadapi jerawat.

Karena postingan ini akan panjang, saya buat daftar isi.  Silakan klik salah satu daftar isi di bawah ini jika tidak ingin membaca keseluruhan.

Tahapan Menghilangkan Jerawat yang Benar

Jadi, benarkah  kena cystic acne ini bisa sembuh dalam waktu yang cepat?

Jawabannya adalah iya, dan nggak.

Bagi yang sebelumnya pernah baca postingan saya tentang Rosehip Oil dan How To Treat Cystic Acne, kemungkinan besar ingat bahwa saya super desperate ketika membuat postingan ini. Saya nggak bikin postingan tentang serum vitamin C yang sempat saya coba juga untuk menghilangkan jerawat dan memudarkan bekasnya (karena saya terlalu malas :p), tapi serum pun menjadi pelarian diri saya saat itu.

Dua cystic acne saya hilang dalam waktu 2 bulan pengobatan, tapi kurang lebih itu pun karena cystic acne itu nggak berbentuk pusaran kekuatan jahat gelap yang menembus ke dalam kulit. Tapi dua cystic acne saya yang lain memang sebandel Dennis The Menace (yang ingat kartun ini masa kecilnya sebahagia saya :D).

via iwatchstuff.com

TAPI TAHU NGGAK SIH, CARA KITA SELAMA INI SALAH BANGET?

Rata-rata dari kita pasti nyari pelarian untuk mengobati jerawat dengan beli skincare.  Apalagi dengan nge-hypenya AHA BHA, kita langsung meleleh, pengen beli ini itu.  Nggak sepenuhnya salah sih, tapi kalau pemikiranmu hanya skincare yang ampuh mengobati jerawat, itu salah.

Saya pun termasuk golongan ini dulunya.  Namun setelah mencoba memakai actives, saya akhirnya nyadar bahwa pakai actives itu bikin ketergantungan.  Aslinya! Entah ini bisa disebut kabar baik atau buruk, yang jelas sih pengeluaran keuangan terkait skincare jadi makin mahal.

Tapi kan pengen ngilangin jerawat berikut bekasnya dengan cepat!  Risih gitu lho, lihat dua-duanya masih ada berbulan-bulan gitu. Jadi harus gimana?

Emang apa aja sih, yang ngaruh banget dengan cara kita menghilangkan jerawat secara cepat?

1.Beauty enhancement dengan sugesti

2.Diet secara sehat dan minum suplemen

3.Sabar

4.Ganti sabun cuci muka, SEKARANG JUGA

5.Pemilihan acne treatment

6.Hidrasi kulit

7.Produk holy grail yang menurut saya ampuh (mungkin cocok juga untuk pengobatan jerawat kamu)

Beauty Enhancement

cara menghilangkan jerawat dengan cepat

Saya berkesempatan menghadiri seminar “My Beauty My Happiness” sebagai wakil dari Bandung Blogger, yang diselenggarakan pada 26 Juli 2017, bertempat di DF Clinic, Setrasari, Bandung. Buat saya, materi yang disampaikan ketiga pakar ini sangat berkaitan erat dengan kondisi kulit kita.

Singkat cerita, konklusi dari seminar ini adalah: pengendalian emosi dan cara kita mengelola emosi sangat penting karena itu bisa mempengaruhi terhadap kesehatan kita.  Bicara soal kesehatan, tentu ini berpengaruh juga terhadap kesehatan kulit. Mau pakai skincare jutaan rupiah maupun perawatan ke dokter kulit bakal percuma kalau kamu masih belum paham keterkaitan kedua hal ini. 

Nah, terus gimana nih kelanjutannya dan apa yang bisa dilakukan agar emosi kita nggak mempengaruhi terhadap kesehatan?  Selanjutnya bisa baca di postingan berikutnya (nantikan!)

Diet Secara Sehat dan Minum Suplemen

cara menghilangkan jerawat dengan cepat

Untuk orang-orang yang memang pada dasarnya nggak gampang jerawatan, bentuk dietnya sederhana saja, sih.  Klise.  Kurangi goreng-gorengan, perbanyak makan buah dan sayur, tidur cukup, minum air putih  8 gelas sehari, jaga kebersihan bantal dan gadget karena bisa jadi sumber datangnya jerawat.

Nah, buat yang acne prone gimana?

Saya punya teman yang sempat perawatan ke dokter kulit.  Dokter menyarankan dia untuk beralih menjadi vegan.  Yap, VEGAN, itu artinya makan telur pun nggak boleh.

Sebagai orang Indonesia yang tinggal di Pulau Jawa, tentu kita jauh lebih mudah bertemu dengan telur dan daging ayam kalau ke pasar.  Jangan heran kalau lauk pauk yang dianggap agak murah adalah telur dan daging ayam. Kebayang aja yang dulunya biasa makan daging disuruh jadi vegan?

Jadi solusinya apa kalau gitu?

Kalau menurut f.c dari Simple Skincare Science, itu artinya kamu harus menyerah dan nggak boleh makan hal-hal yang mengandung bahan sebagai berikut:

  1. Nasi putih (sebagian besar teman saya sangat tradisional, mereka nggak ngerasa makan kalau belum makan nasi. Berita buruk bagi pecinta nasi)
  2. Bahan gluten seperti tepung-tepungan (roti, bala-bala, pisang goreng, gehu), bahkan oat pun nggak boleh
  3. Susu, yogurt, es krim, mentega.  Good bye forever.
  4. Minyak kanola, minyak jagung, minyak kacang, dan minyak-minyakan lainnya yang selama ini dianggap sehat, nggak bisa dikonsumsi

Practically, you can’t eat anything.  Udahlah, ngezombie aja ini mah. Bisa jadi kamu suka sayur dan buah, tapi masa makan itu terus?

Untungnya, f.c juga menyertakan informasi penting yang bisa menyelamatkan umat pemilik kulit acne prone dan yang sedang jerawatan dengan satu kata simpel: probiotik.

Loh, tapi yogurt bukannya banyak probiotiknya?  Terus gimana dong, katanya nggak boleh makan?

Jawabannya adalah:cari bahan makanan yang mengandung probiotik. 

Sains sudah membuktikan bahwa kimchi (ya, makanan favorit para oppa-oppa) mengandung enzim yang tinggi.  Sebagai bahan makanan fermentasi, ini juga bagus untuk memperlancar pencernaan kamu.

Brand kimchi halal di Indonesia yang saya sarankan adalah:

cara menghilangkan jerawat dengan cepat
via toserda.com
cara menghilangkan jerawat dengan cepat
via havehalalwilltravel.com

Kombucha, teh hitam Jepang juga terbukti mengandung probiotik.  Teh ini juga bagus untuk menambah energi serta detoksifikasi liver.

Dan jangan salah, tempe yang dicintai ratusan juta orang di Indonesia juga mengandung probiotik!  Kalau mau diet murah meriah, mending coba beralih dengan banyak makan tempe. Disarankan tidak makan tempe dalam bentuk goreng dan kering tempe (sedih sih, padahal enak :’D) karena bisa mengurangi nutrisinya.

Produk fermentasi kacang kedelai lainnya yang kaya akan probiotik adalah miso.  Bagi yang belum tahu, miso adalah semacam pasta kacang kedelai dari Jepang.  Rasanya lebih bisa ditolerir orang Indonesia dibanding pasta kacang kedelainya orang Korea, doenjang. Mungkin pernah dengar miso soup dan miso ramen?  Nah, kamu bisa coba ini sesekali kalau mampir ke restoran.  Kalau mau buat sendiri, saya sarankan beli miso halal dengan brand ini:

cara menghilangkan jerawat dengan cepat
via tokopedia.com
cara menghilangkan jerawat dengan cepat
via hikarimiso.com

Satu lagi, kamu bisa mencoba suplemen. Saya sendiri sudah membuktikan dengan mencoba suplemen evening primrose oil, bisa lihat foto saya di bawah(yang lebih saya sarankan bagi pemilik cystic acne dan hormonal acne alias jerawatan parah setiap kali menstruasi).  Sementara f.c. menyarankan untuk meminum suplemen yang mengandung probiotik tinggi.

Terus gimana cara milih suplemen yang baik dan halal?  Berikut brand probiotik yang saya rekomendasikan:

Natures Well Probiotics Supplement (Halal Certified)

Lactospore (Kosher & Halal Certified)

Sabar

Resep satu ini sebetulnya sulit untuk diterapkan, kalau nggak mengubah mindset kamu.  Ya, saya pun awalnya sulit untuk merasa sabar sampai akhirnya beli segala macam skincare tiap bulan. Hasilnya memang ada, tapi nggak seinstan yang saya inginkan.

Karena sesungguhnya pemakaian skincare, diet, bahkan mengubah mindset untuk mengendalikan emosi selalu butuh proses.  Ini artinya, akan selalu butuh waktu agar jerawatmu membaik.  Bahkan  pergi ke engkong-engkong dukun pun nggak bikin kamu makin cantik setelah dia memuncratkan air ke wajah kamu (yang ada bukannya makin jerawatan ya?)

Karena sifatnya seperti lari maraton, yang perlu kamu lakukan adalah menjaga pace lari kamu.  Jangan perkenalkan semua skincare baru dibeli sekaligus ke kulit kamu. Sabar dan dedikasi seringkali jadi faktor yang bikin jerawatmu mengempes dan cepat hilang. Jangan berlebihan dalam membeli skincare, plus patch testing, patch testing, patch testing! 

Beruntunglah kalau kamu dianugerahi kulit yang tidak sensitif.  Bagi kamu yang punya kulit sensitif, minimal kamu harus menunggu 1 minggu lebih telat dari yang kulit nonsensitif sebelum mencoba skincare terbaru.

Sel kulit kita sendiri mengalami regenerasi setiap 28 hari sekali.  Inilah sebabnya ketika kamu membeli skincare baru, kamu harus menjaga jarak 3-4 minggu sebelum mencoba mengaplikasikan ke wajah dan menambahkannya sebagai bagian rutinitas.  Ingat, kulit itu bukan tikus laboratorium. Mencoba skincare baru sah-sah saja selama tahu aturan siklus penambahan skincare baru.

Setidaknya, hasil bersabar saya membuahkan hasil. Selama 7 bulan memakai produk, ditambah makan kimchi dan sup miso, olahraga sesekali, dan mencoba memandang hidup lebih positif supaya nggak stres *apa sih Mi*, jerawat saya mulai mengempis.

cara menghilangkan jerawat dengan cepat

cara menghilangkan jerawat dengan cepat
Maafkan fotonya yang nggak bagus ;_;

Ganti Sabun Cuci Muka, SEKARANG JUGA

cara menghilangkan jerawat dengan cepat

Nggak banyak orang paham dengan pentingnya menjaga pH kulit.  Kenapa?  Karena sampai detik ini, industri kosmetik pun kebanyakan memproduksi sabun cuci muka yang sebetulnya tidak baik untuk kulit.

Jika kamu pernah baca postingan saya terkait dengan pH sabun cuci muka (bagi yang belum klik di sini untuk baca “Mengenal pH Kulit, AHA, BHA, dan Vitamin C”), maka kamu akan tahu bahwa sabun cuci muka terbaik adalah yang memiliki pH seimbang  Ini artinya, sabun cuci muka itu tidak menghilangkan paksa sebum di kulit wajah.

Sebum sebetulnya baik bagi kulit kita, karena wajah kita membutuhkan kelembaban.  Yang bikin sebum menyebalkan itu ketika wajah kita memproduksinya secara berlebihan (bisa karena masalah cuaca, hormon, dan lain-lain).  Sebum berlebihan bisa menyumbat pori-pori.

Sabun cuci muka dengan pH seimbang cocok bagi segala jenis kulit karena sifatnya gentle dan bisa membersihkan permukaan kulit dengan baik. Ada beberapa jenis yang saya rekomendasikan, yaitu:

BrandpHKeterangan
COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser5.0Cocok untuk kulit sensitif, kulit kering, dan kulit dehidrasi. Jika punya alergi terhadap yeast sebaiknya jangan pakai
Dear Klairs Rich Moist Foaming Cleanser5.0Cocok untuk kulit sensitif, dehidrasi, kombinasi, dan berminyak
Neogen Dermalogy Green Tea Real Fresh Foam Cleanser7.0Cocok untuk kulit kering, kusam, dan aging
(DIY) Indoganic French Green Clay Cleanser7.0Cocok untuk kulit kombinasi dan berminyak

Untuk sekarang saya lebih suka pakai french green clay untuk pengganti second cleanser. Sebelumnya saya sudah 2 kali beli COSRX Low pH dan sempat suka banget, tapi setelah beberapa bulan pakai, ternyata bikin seborrheic saya lebih gampang kambuh :’D. Pas saya cek, ternyata ada kandungan yeast di dalamnya. Untuk review DIY french green clay akan jadi utang  saya tulis di postingan selanjutnya.

Acne Treatment

cara menghilangkan jerawat dengan cepat

Tergantung jenis “penderitaan” ditambah dengan seberapa sensitif kulit kamu, berikut adalah jenis treatment yang disarankan bagi yang berjerawat:

Bahan AktifKeteranganRekomendasi
Benzoyl PeroxideBahan ini kandungannya cukup keras, tidak disarankan bagi pemilik kulit sensitif. Antibakteri, membersihkan pori-pori Benzolac 2,5% - 5%
Salicylic Acid (BHA)Mengikis sel-sel kulit mati dengan proses kimiawi, membersihkan pori-poriCOSRX BHA Blackhead Power Liquid (untuk kulit kering, sensitif, dan dehidrasi), Paula's Choice SKIN PERFECTING 2% BHA (untuk kulit berminyak, jangan aplikasikan jika punya fungal acne atau eczema)
Azelaic AcidAntibakteri, antioksidan, punya toleransi yang baik untuk kulit sensitifThe Ordinary Azelaic Acid Suspension 10%
Retinol/RetinoidDisarankan pemakaian sesuai anjuran dokter. Berfungsi untuk membersihkan pori-pori, meregenerasi sel kulit, cocok untuk antiagingThe Ordinary Advanced Retinoid 2%
Sodium Ascorbyl Phosphate (SAP)Derivatif vitamin C yang aman bagi kulit sensitif, cocok untuk mengurangi jerawat dalam waktu cepat dengan persentase 48,2% efektifMad Hippie Vitamin C Serum

Kalau misalkan nyoba air lemon, baking soda, dll kayak gitu buat exfoliating ampuh nggak ya, buat jerawat?  Kan lebih murah daripada beli skincare, udah gitu bahan-bahannya alami.

Dear pembaca,

Perlu diketahui bahwa apa yang kamu baca di halaman pertama Google (yang menyarankan pakai putih telur, baking soda, dan air lemon) itu adalah informasi sesat.  FYI, f.c. pun menganggap Pinterest sebagai sumber informasi yang nonsense.  Alasannya?  Karena yang satu itu super acid (pH lemon = 2) dan super alkaline (pH baking soda = 9), keduanya sama sekali tidak efektif.  Dan malah merusak kulit kamu. Kamu perlu baca ini untuk tahu bahwa bahan-bahan alami yang katanya ampuh, sesungguhnya adalah backfire buat muka kamu (klik sini lebih lanjut!)

Hidrasi

cara menghilangkan jerawat dengan cepat

Ketika kamu berjuang melawan jerawat, maka satu hal yang perlu dilakukan adalah menjaga kelembapan kulit. Namun ketika sedang bermasalah, salah produk skincare juga bisa menyebabkan kulit makin break out.

Acne treatment yang saya sebutkan sebelumnya merupakan jenis chemical exfoliate dan atau active skincare (saya pernah bahas di sini). Tujuan dari pemakaian ini adalah untuk memaksa kulit kamu melakukan regenerasi lebih cepat dari yang seharusnya.  Itulah sebabnya, sangat mungkin timbul purging dan break out.

Apa itu purging dan break out? Supaya kamu bisa mengenali bedanya dan tahu waktu yang tepat untuk mengikhlaskan skincare kamu, bisa baca postingan beda purging dan break out di sini. 

Ada kalanya ketika pakai active skincare, justru kulit kamu akan terasa semakin kencang, kering, dan iritasi.  Untuk mencegahnya, tentu kamu perlu menjaga kelembaban kulit.  Caranya?  Hidrasi dengan moisturizer!

BrandKeterangan
Sebamed Clear Face GelTidak mengandung oil dan emulsifier. Cocok bagi pemilik hormonal acne dan kulit eczema
Benton Aloe Propolis Soothing GelCocok bagi kulit kombinasi, berminyak, dan rawan pori-pori tersumbat
Avene Tolerance Extreme EmulsionCocok untuk segala jenis kulit, termasuk yang kena break out akibat moisturizer
CeraVe CreamCocok untuk kulit berjerawat, eczema, seborrheic dermatitis, dan psoriasis
CeraVe PMCocok untuk kulit kering, dehidrasi, dan normal. Hindari jika kulitmu rentan berjamur

Produk Holy Grail

Apa yang saya pakai belum tentu cocok untuk kamu.  FYI, kulit saya adalah kombinasi-dehidrasi dan punya seborrheic dermatitis. Namun saya tetap berbagi karena ada kemungkinan cocok untuk kamu juga.

BrandKeterangan
COSRX BHA Blackhead LiquidSejauh ini saya sudah purging di sekitar dagu dan pipi (whitehead). Kemungkinan penggunaan bahan aktif ini berpengaruh juga terhadap pengobatan secara internal dengan suplemen
Blackmores Evening Primrose Oil 1000 mgUntuk setiap 1000 mg, terkandung 10% GLA yang bisa mengurangi masalah saat PMS (galau :'D, jerawat hormon). Recommended bagi yang punya cystic acne, selama 8 minggu saya pakai langsung menciut! Sedang menunggu progress sampai cystic acne benar-benar hilang
Rojukiss Enca AC Drying Pinky PowderSaya lebih cocok pakai ini dibanding dengan gel untuk acne treatment. cocok untuk jerawat bermata. Dalam waktu kurang dari seminggu, jerawat menciut cepat tanpa membuat kulit kering
Indoganic Rosehip OilUntuk hidrasi kulit, face oil ini aman bagi kulit sensitif dan acne prone
Indoganic French Green ClayBelum saya review (soon to be). Sejauh ini detoksifikasi dengan ini lebih ringan dibanding dengan chemical exfoliate, bagi pemilik kulit sensitif disarankan menggunakan ini. Cocok untuk kulit kombinasi dan berminyak
Dear Klairs, Freshly Juiced Vitamin DropVitamin C yang cocok bagi pemula, bisa memudarkan bekas jerawat dalam waktu 8 minggu

Bagi yang tertarik dengan produk yang saya punya (atau produk rekomendasi di atas), bisa coba lihat di Beautylink Sociolla, Sociolla, dan Tokopedia (khusus suplemen dan makanan).  Kamu juga berkesempatan dapat diskon lho, kalau belanja di Sociolla! Cukup pakai voucher saya yang tertera di sidebar blog, kamu bisa dapat diskon Rp 50.000.  Asyiknya belanja di Sociolla free ongkir ke seluruh Indonesia!

Kalau kamu, gimana cara menangani jerawatnya selama ini?  Yuk sharing di kolom komentar!

4 thoughts on “Cara Mudah Menghilangkan Jerawat dengan Cepat Ini Ampuh Banget. Kenali Dulu Jerawatmu!

  1. Ulasan yang komplit…:) Sabar itu yang susah ya Mbak, kayaknya jerawat memang musuhan sama si sabar hihihi…But anyway..tipsnya layak dicoba semua, karena sampe detik ini saya yang udah 40 an masih jerawatan….TFS , Mbak:)

    1. Makasih ya Mbak udah mampir 😀
      Saya pake gaya bahasa kasual, jadi malu hehehe. Bisa dicoba Mbak, saya beberapa minggu ini hobi bikin sup miso, ampuh juga ternyata selama PMS cuma muncul whitehead aja 😀

  2. Saya pernah coba pakai body shop yang mahalnya luar biasa itu. Tapi ngga ada hasilnya di kulit sensitif saya. Mungkin benar ya yang mba bilang. Kita kudu jaga pola diet juga. Btw, itu kimchinya bs beli dimana mba? Pantes ya orang Korea kulitnya bagus2. Ngga ada gorengan kaya di Indo. Makannya kimchi terus >.<

    1. Iya Mbak, pernah tuh beli COSRX Centella Cream. Nggak ngefek juga. Ngerasa sayang buang, tapi kalo dijual juga nggak laku, haha. Orang Korea suka gorengan juga, kok, pada suka sama tempura, burger, dll. Tapi pada dasarnya budaya mereka itu budaya makan sup, daging sama sayur diolah dalam bentuk rebus, jadi memang lebih sehat.

      Kimchi di Griya juga ada kalo di kota Mbak ada Griya/Yogya/Transmart/Hypermart, supermarket yang agak besar. Tapi kalo mau beli online bisa ke Tokopedia, nama tokonya Toserda, dikirim dari Bandung. Nggak semua orang suka sama kimchi, saya juga kalo ke Mujigae kurang suka kimchinya, terlalu asem. Tapi kalo brand Ommasonmat itu bahkan yang nggak suka kimchi juga bakalan suka. Bisa dimakan sama nasi panas, bisa juga bikin sup kimchijjigae. Biasanya saya suka cemplungin aja ke air rebus, tambah tahu, tauge, sama bumbu penyedap. Kalo nggak tahan sama rasa asamnya dijadiin sup aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *