Beauty, Make Up

[REVIEW] Candy Color Cosmetics Matte Lip Cream

byAzzahra R Kamila-
candy-color-cosmetics-matte-lip-cream

It’s been ageees… since the last post I’ve written, haha. Sebetulnya terakhir nulis itu Senin kemarin.  But this and that are different matter, I didn’t count the last as my usual post.  Kali ini saya mau review brand lokal, matte lip cream yang bikin kepo dari kemarin: Candy Color!

Candy Color Cosmetics: Gummy Bear & Peanut

 

candy color cosmetics matte lip cream

Seperti yang terlihat, kemasan Candy Color ini menarik dan lutju banget. Buat saya sih, sekilas ini agak mirip sama Kylie Jenner Kylie Lip Kit ya, karena di bagian tube terdapat raindrop yang terbentuk menghiasi sekelilingnya.  Desainnya jelas beda sih, dan produk ini didominasi warna putih.

Saya sendiri merasa lip cream ini lebih cocok untuk pemula yang baru pakai makeup atau usia dewasa muda 20-an.  Entahlah ya, mungkin karena bentuk tube, swatches, juga kardus produk yang kesannya imut dan menggemaskan membuat saya kurang yakin ini dipasarkan untuk usia pertengahan 20 macam saya, haha (udah tua, Mi, inget umur).

Ingredients

Isododecane, Dimethicone, Mica, Cera Alba, Titanium, Dioxide, Trimethylsiloxysilicate, Dextrin Palmitate / Ethylhexanoate, Phytosteryl / Octyldodecyl Lauroyl Glutamate, Sillica, Dimethyl Silylate, Disteardimonium Hectorite, Silica, Phenoxyethanol, Flavour, Propyylene, Carbonate, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Tecopheryl Acetate, BHT, Methicone, Bisabolol.

May Contain
Cl 15850:1, Cl 45410:2, Cl 77492, Cl 77499 (ini adalah warna-warna yang terdapat pada seri matte lip cream-nya).

What You Should Know About The Ingredients

candy color cosmetics matte lip cream

Because I’m hungry with lip cream ingredients knowledge, seperti biasa, bakal saya bahas beberapa hal yang menurut saya perlu disimak:

  1. Mica telah digunakan selama berabad-abad untuk pigmentasi dan memberikan warna pada kosmetik berupa makeup. Bahan ini aman dan natural.  Namun, terkadang supplier bisa melakukan ujicoba pada hewan sebelum menjualnya pada produsen, dalam hal ini perusahaan kosmetik.  I hope Candy Color checks their sources to produce lip cream, karena meski perusahaan kosmetik tidak melakukan ujicoba, bisa jadi supplier-nya terlibat.  Jadi bisa jadi tidak 100% cruelty free  [1].
  2. Candy Color mengklaim produknya mengusung konsep vegan.  Saya tidak bisa mengatakan Candy Color ini 100% vegan.  Mereka masih menggunakan Cera alba atau beeswax sebagai bahan pencampur untuk bisa membuat lip cream ini menjadi matte.  Kandungan matte sendiri sebetulnya lebih banyak mengandung wax ketimbang oil; membuat produk bisa long lasting dan pigmentasinya jadi terlihat.  Hanya saja, karena ditempatkan di list kelima dari daftar bahan, ini juga menjadi kekurangan Candy Color; bibir jadi kering banget.  Mungkin kalau unsur wax dikurangi, dan diganti jadi candelilla wax bisa jadi alternatif, ya, hehe. Candelilla wax ini sering lho, jadi pengganti beeswax
  3. Titanium dioxide  dan Ethylhexyl methoxycinnamate adalah bahan aktif yang biasa ditemukan di sunscreen.  Sayangnya tidak disebutkan berapa SPF yang terkandung dalam lip cream ini.
  4. Phenoxyethanol adalah alternatif lain dari paraben.  Saya sudah pernah bahas tentang mitos bahaya paraben di sini.  Phenoxyethanol hingga saat ini menjadi bahan pengawet yang terbaik setelah paraben.
Baca Juga:  4 Tips Memilih Produk Serum Vitamin C Serta Alternatif Bagi Kulit Sensitif!

What You Should Know About The Products

candy color cosmetics matte lip cream

Saya rasa 4ml itu sedikit, haha.

Well, entah ini perasaan saya saja atau gimana; saya sebetulnya baru beberapa kali pakai Candy Color yang Peanut.  Namun kalau kamu perhatikan dengan saksama foto di atas, sudah ada bagian bolong di bagian atas tube sebelah kanan.

candy color cosmetics matte lip cream

Ini swatch untuk kedua produk. Bagian bawah adalah Gummy Bear, yaitu nude rose pink.  Yang di atas adalah Peanut, peach nude dengan hint rose tone.  Untuk setiap warna di seri Matte Lip Cream yang ini, sepertinya Candy Color mengutamakan warna rose untuk setiap produknya, hanya berbeda tingkat kegelapan pigmentasi.

candy color cosmetics matte lip cream

As you can see here, cracky banget kalau enggak pakai lipbalm! Awal mulanya tekstur lip cream ini creamy, agak berminyak dan cenderung berat saat diaplikasikan. Saya lupa foto tangkai lipstik untuk pengaplikasian, tapi bentuknya seperti yang pernah kita tahu.  Agak bengkok, namun lebih mudah saat hendak memoleskan ke bibir.

Baca Juga:  Perlukah Penggunaan Face Oil Ditambahkan Pada Rutinitas Skincare?

Yang kurang saya sukai adalah fakta bahwa dalam beberapa detik, lip cream ini langsung berubah matte.  Matte-nya agak menyebalkan karena bikin bibir kering banget dan lipstik menggumpal dalam sekejap. Untuk swatch yang ini, saya memakai Gummy Bear.  Untuk yang punya kulit jenis NC 30 dengan yellow undertone, saya tidak begitu menyarankan memakai Gummy Bear karena kurang cocok.  Warnanya terlalu dingin, huehehe.

candy color cosmetics matte lip cream

Lalu akhirnya saya menggunakan lip balm andalan dari Canmake!  Saya suka lip balm ini karena memiliki proteksi terhadap sinar matahari.  Sayangnya cuma SPF 14.

candy color cosmetics matte lip cream

Setelah pakai lip balm, hasilnya agak lumayan.  Saya sarankan untuk mengaplikasikan lip balm agak banyak dan dibiarkan dulu beberapa menit sebelum pakai Candy Color Matte Lip Cream.  Ini swatch untuk Peanut.  Saya lebih suka pakai yang ini karena lebih masuk ke warna kulit saya.

Tentang daya tahan… sebetulnya ini lumayan, sih.  Sekitar 5-6 jam tanpa makan minum. Kita harus membiarkan lip cream ini set dulu sampai benar-benar kering supaya enggak nyetak ke gelas saat minum.  Buat saya sih, ini enggak begitu transferproof.  Dan seperti biasa, kalau sudah makan yang berminyak bubar ke mana-mana.  Entah karena bibir saya aja yang bandel atau gimana, bentuk lipstiknya jadi bolong di bagian tengah.  Sehabis makan, saya harus mengaplikasikan ulang.

Oya, abaikan blackhead di hidung ya, hahaha.

Price

Harga satu lip cream adalah Rp 89.000.  Kalau kamu beli empat-empatnya, harganya Rp 299.000.  Kamu bisa beli langsung di website Candy Color atau di Sociolla. Psst, kalau beli empat-empatnya, kamu bisa dapat potongan voucher Rp 50.000 dengan menggunakan kode SBNLAJGN untuk setiap pembelian Rp 250.000!  Gratis ongkir juga, lho!

Will I Repurchase?

Saya suka sama warna Peanut!  Kalau beli lagi, kemungkinan yang ini (memang sukanya sama warna peach, haha)

Rating

3.5/5.

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    6 Comments

    1. Lia Harahap

      Hasilnya bikin kelihatan sekali ya garis-garis bibirnya. Tapi setelah pakai lip balm jadi mendingan.

      18 . Feb . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Iya 🙂 , keliatan banget

        19 . Feb . 2018
    2. Yosa Irfiana

      Makasih reviewnya, aku tertarik candy color ini emang karena warnanya cakep cakep euy. Tapi aku kudu oles lipcare banyak banyak dulu. Karena bibirku super kering. 🙂

      19 . Feb . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Iyes, bener banget! lipcarenya harus dibiarin dulu sebelum pake produk ini 🙂

        19 . Feb . 2018
    3. Ursula Meta Rosarini

      Wah kalau ga pake lip balm kering banget ya?
      Packagingnya lucu banget, sukaaa

      20 . Feb . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Iyaa, berasanya gitu sih, hehe. Temen juga ada yang sama pengalamannya

        20 . Feb . 2018

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *