in Uncategorized

Breakfast Recipe: French Toast atau Roti Bakar Prancis Super Praktis

at
breakfast-recipe-french-toast-atau-roti-bakar-prancis-super-praktis

Ada yang suka roti?  Saya orang Indonesia, tapi bisa dibilang nggak terlalu suka makan nasi .  Alasannya simpel:  saya takut kena diabetes, haha.  

Dulu sewaktu saya masih polos dan imut, saya pernah baca artikel berupa kisah seseorang yang mendapat penyakit diabetes di usia 30.Kebiasaan itu datang berawal dari hal yang sudah mendarah daging bagi orang Indonesia: nggak bisa dibilang makan kenyang kalau nggak ada nasi. Di artikel ini disebutkan bahwa pasien didiagnosa menderita diabetes karena punya kebiasaan makan nasi segunduk tiga kali sehari; dan dia punya riwayat keluarga yang menderita diabetes. Dari situ, saya jadi super hati-hati saat makan nasi putih; seandainya makan pun nggak pernah segunduk nasi (selain karena saya nggak bisa makan banyak), dan lebih mengutamakan protein dan sayur.

Terus apa hubungannya dengan makan roti? Bagi saya, makan sesuatu yang mengandung karbohidrat selain nasi  putih bisa bikin kenyang.  Salah satu yang saya makan sebagai pengganti nasi putih adalah roti.  Dan karena sok-sok ikutan pengen hidup sehat, saya mulai mengkonsumsi roti gandum dan mengurangi makan roti putih. Nggak selalu sih, karena yang jual roti gandum masih nggak sebanyak roti putih. Dan saya sering berkreasi dengan roti, karena makan roti bakar atau roti panggang yang kayak biasa bisa bikin bosan. Iya, saya emang gampang bosan .

Resep yang ingin saya bagi kali ini nggak bisa dibilang rendah kalori; tergantung jumlah yang dikonsumsi.  Ada yang tahu french toast?   Saya sendiri tahu french toast setelah nonton anime Yumeiro Patissiere, dan kepo pengen bisa bikin sendiri.  Sebelumnya saya pernah nyoba pakai baguette dan roti tawar Bre*d Co (yang sering ke Gri*a atau Yog*a pasti tahu deh), tapi ternyata roti yang pas untuk french toast adalah roti putih / gandum yang tidak terlalu empuk, dan bukan tipe roti kupas. Kenapa?  Karena susu dan telur akan membuat roti menjadi lembek, jadi kalau pakai roti yang empuk hasilnya juga akan jelek.

Di sini saya pakai Bre*d Co, berhubung di rumah adanya cuma ini .  Ada tips khusus untuk tipe roti yang empuk: jangan mencelupkan roti sampai basah semua, cukup mencelupkan bagian permukaan saja agar tekstur roti tidak lembek saat diangkat.

Breakfast Recipe: French Toast atau Roti Bakar Prancis Super Praktis

Prep Time: 10 minutes

Cook Time: 15 minutes

Total Time: 25 minutes

Category: Sarapan Pagi

Cuisine: Prancis

Serving Size: 5 potong roti / medium

Calories per serving: 61 kalori / potong

Breakfast Recipe: French Toast atau Roti Bakar Prancis Super Praktis

Ingredients

  • 1 telur (jika diambil dari kulkas sebaiknya dikeluarkan hingga suhu sesuai suhu kamar)
  • 5 roti tawar / putih (bisa diganti dengan roti gandum)
  • 1 sendok makan mentega
  • 200 ml susu cair UHT
  • 4 sendok makan gula pasir
  • Bubuk cinnamon secukupnya
  • 2 tetes esens vanila (opsional)
  • Keju cheddar secukupnya (opsional)

Instructions

  1. Kocok telur dan susu bersamaan. Tambahkan gula pasir, bubuk cinnamon, dan esens vanila.
  2. Celupkan kedua sisi roti sembari memanaskan mentega di teflon. Gunakan api kecil. Setelah mentega cair, masukkan roti ke dalam teflon. Panggang hingga kedua sisi roti menjadi kuning kecoklatan.
  3. Taburkan keju atau bubuk cinnamon sisa. Bisa ditambahkan dengan sirup coklat atau sirup karamel. Sajikan.
http://insommia.net/breakfast-recipe-french-toast-atau-roti-bakar-prancis-super-praktis/

Atau bisa lihat step by step di video berikut bagi yang ingin tahu lebih lanjut.  Selamat mencoba!

Share:

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    5 Comments

    1. Zefy

      Enak nih pasti, aku juga biasanya kalau sudah kenyang makan roti dan buah mengusahakan ga makan nasi lagi. Alasannya bukan diabetes, tapi jaga-jaga badan biar ga melar hehe

      11 . Apr . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Enaak, ayo coba 🙂
        Iya sih kalo diet emang lebih enak makan pengganti nasi, hehe

        11 . Apr . 2017
    2. Fanny f nila

      Aku srg bikin ini utk sarapan. Selain cepet juga enaaak.. Tp kalo suami g mau ditambahin cinnamon mba. Dia g doyan.. Kdg kalo bosen yg ini, aku bikin pake isian tuna ato smoked beef. Roti memang ga bikin bosen yaa. Aku sndiri jg sedang mengurangi nasi.. Utk kesehatan aja. Walo blm bisa sih stop sepenuhnya 🙂

      12 . Apr . 2017
    3. Dee - HDR

      Bikinin buat akuuu dooong, menggoda banget ini roti bakarnya 😀

      15 . Apr . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Ke sini, mampir ke rumah XD

        15 . Apr . 2017

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *