Sponsored

5 Beauty Hack Ini Tidak Patut Ditiru, Beauties!

byAzzahra R Kamila-
beauty-hack-tidak-patut-ditiru

Internet sudah menjelma menjadi ladang informasi, namun sayang, informasi yang diberikan sering kali tidak ditunjang pengetahuan atau fakta. Kasus yang sering terjadi adalah penyebaran informasi tips kecantikan dan perawatan kulit yang tidak akurat oleh para beauty enthusiast, yang tidak disertai pengetahuan yang memadai tentang dermatologi. Di bawah ini beberapa contoh beauty hack konyol yang dilakukan sekedar demi penghematan, namun tidak memikirkan konsekuensinya.

Mengangkat Komedo dengan Lem

Huda Kattan – seorang beauty blogger asal Amerika, menyebutkan bahwa lem sejenis lem prakarya bisa dipakai untuk mengangkat komedo di wajah. Postingannya tentang hal ini, di mana dia bereksperimen dengan mengoleskan lem tersebut ke hidungnya lalu mengangkatnya saat lem sudah kering, menjadi viral dan ramai disebarkan para pembacanya. Memang komedonya terangkat, tapi kenekatan beauty blogger ini seharusnya tidak ditiru. Hampir semua pakar kecantikan dan kesehatan yang berlisensi sudah mengecam aksi mengangkat komedo menggunakan lem ini, karena dikhawatirkan dapat menyebabkan reaksi yang berbahaya bagi kulit, juga penyumbatan pori-pori. Cara menghilangkan bekas lem di baju mudah dicari, tapi kalau di wajah? Jangan korbankan wajahmu hanya atas nama penghematan!

Mengelupas Kulit Wajah dengan Bubuk Soda Kue

Proses exfoliating atau mengelupas kulit wajah bertujuan mengangkat sel-sel kulit mati di wajah, yang nantinya akan memperlancar aliran nutrisi dan menjadikan wajah lebih sehat. Tentunya tidak ada yang salah dengan proses ini. Namun sayangnya, sekali lagi dengan alasan penghematan, sejumlah beauty enthusiast menyarankan penggunaan bubuk soda kue sebagai bahan pengelupasan. Padahal, menurut beberapa ahli kesehatan, penggunaan soda kue untuk kulit manusia bisa mengganggu lapisan acid mantle yang menyebabkan kulit menjadi rentan terhadap iritasi, bahkan infeksi. Lebih berbahaya lagi bila soda kue dicampur dengan air atau perasan jeruk nipis dan dioleskan pada kulit.

Baca Juga:  Tips Membeli Klakson Mobil yang Bagus

Menggunakan Shot Glass untuk Membentuk Bibir

Pada 2015 silam, dunia beauty-blogging diramaikan oleh “The Kylie Jenner Lip Challenge”, di mana para beauty blogger berlomba-lomba menggunakan gelas takaran minuman keras, atau yang umumnya dikenal sebagai shot glass untuk membentuk bibir mereka hingga menyerupai bibir memble selebritas Kylie Jenner. Caranya adalah dengan memasukkan bibir ke dalam gelas, lalu menghisapnya sehingga menghasilkan bibir yang memble. Alhasil, para ahli dermatologi pun mewanti-wanti praktik ini, karena terjadi banyak kasus di mana remaja putri mengalami pembengkakan, rasa nyeri hingga kulit terkupas di area bibir mereka saat menerima tantangan ini. Bahkan, pembengkakan tersebut bisa berlanjut menjadi infeksi dan menjadikan warna bibir ungu, kuning dan hijau, dan terlihat menjijikkan.

Pensil Warna untuk Eyeliner

Ada pula ide kreatif menggunakan pensil warna untuk eyeliner. Sekali lagi, ide ini tidak patut ditiru. Banyak sekali eyeliner yang tersedia dengan harga yang sangat terjangkau dan sudah dites aman untuk kulit, jadi menggunakan pensil warna demi berhemat merupakan alasan yang konyol. Praktik ini justru berisiko memicu alergi, bahkan kebutaan, karena komponen yang terkandung di dalam pensil warna.

Baca Juga:  Mencari Ide Wisata Bersama Si Kecil? Inilah 4 Wisata Edukasi di Sukabumi

 

Mengecat Kuku dengan Bantuan Lem

Ada-ada saja ide para beauty enthusiast. Sekali lagi, lem digunakan sebagai sarana untuk mengecat kuku. Alasannya adalah terkadang orang tidak rapi saat mengecat, dan ada bagian cat yang keluar melewati garis kuku. Padalah secara logika, kalau Anda tidak bisa rapi saat mengecat kuku sendiri, bagaimana Anda berharap akan rapi saat mengoleskan lem di jari? Banyak cara lain yang bisa digunakan untuk mencegah cat kuku meluber ke jari, misalnya dengan menempelkan plaster di sekeliling kuku, atau kalaupun cat tersebut meluber ke jari, toh Anda tinggal membersihkannya dengan aseton. Lem prakarya biarlah dipakai untuk aktivitas prakarya saja, dan cukuplah mencari cara membersihkan bekas lem untuk bekas di baju saja, dan bukannya di jari.

Itulah beberapa tips kecantikan yang salah kaprah dan perlu dihindari. Jika kamu ingin mendapatkan kecantikan fisik, capailah dengan cara yang benar dan sesuai anjuran kesehatan agar tidak justru menimbulkan masalah. Atau, menonjolkan kecantikan alami merupakan cara yang paling aman.

Share:

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    2 Comments

    1. Lia Harahap

      Thanks hacks-nya. Lucu juga ya angkat komedo pakai lem. Hihihi

      10 . Feb . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Sama sama 🙂

        11 . Feb . 2018

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *